Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Mentimun sering jadi pelengkap hidangan makanan, seperti menjadi lalap dan acar. Mentimun atau biasa disebut timun ini jarang menjadi hidangan utama. Padahal, timun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Mentimun mengandung 95 persen kadar air sehingga sangat membantu mengatasi dehidrasi. Timun juga kaya vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya vitamin C. Manfaatnya tak hanya saat dimakan, tapi juga bisa untuk pemakaian luar di daerah kulit. Berikut manfaat tak terduga dari buah mentimun seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Kesehatan kulit dan rambut
Mentimun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Anda bisa menggosokkan kulit mentimun ke bagian kulit yang iritasi.

Mentimun juga mengandung sulfur dan silikon untuk pertumbuhan rambut sehat. Selain itu, irisan mentiun juga bermanfaat meringankan bengkak di bawah mata.

2. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat paling baik dari makan mentimun adalah membantu pasien diabetes mengontrol kadar gula darah. Minum jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memroduksi insulin.

3. Melawan Kanker

Mentimun mengandung 3 lignan yaitu, pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.

4. Mengurangi sakit kepala dan mabuk

Mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat terbangun di pagi hari. Hal ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit untuk mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

5. Menurunkan Kolesterol

Sejumlah peneliti menemukan. mentimun mengandung "sterol", yaitu senyawa yang membantu mengurangi kadar Kolesterol Anda.

6. Mengontrol tekanan darah

Mentimun mengandung magnesium, kalium, dan serat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda. Dengan konsumsi mentimun, menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

7. Membantu penurunan berat badan

Mentimun merupakan makanan rendah kalori sehingga bermanfaat menurunkan berat badan berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah. Mentimun membantu Anda mencapai berat badan ideal.t
8. Meredakan nyeri sendi dan encok

Mentimun merupakan sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6.

Mengonsumsi mentinun setiap hari dapat mengurangi nyeri persendian, encok, dan menurunkan kadar asam urat.

0 Response to "Manfaat Timun Untuk Kesehatan"

Posting Komentar