Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita
Mungkin Anda pernah mengalami sakit perut di sebelah kiri, dan biasanya kita menyangka sakit perut tsb berasal dari lambung dan menduga memiliki sakit maag. Namun perlu Anda ketahui karena ternyata rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita dapat merupakan tanda-tanda penyakit yang lebih serius. Rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita sering berkaitan dengan sistem reproduksi. Nah agar Anda tidak menyepelekan rasa sakit perut ini, yuk simak ulasan berikut ini mengenai penyebabnya agar Anda semakin mawas diri dan bila memang ada masalah dapat segera ditangani.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang berhubungan dengan tanda-tanda rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita, yaitu:

1. Sembelit 
Pada penyakit sembelit akut dan kronis biasanya timbul nyeri perut bagian kanan bawah dan bagian kiri. Rasa sakit ini biasanya datang setelah buang air besar. Untuk mengatasi rasa sakit perut sebelah kiri karena sembelit, perbanyaknya minum, buah dan sayuran berserat, serta aktivitas fisik seperti jalan kaki.

2. Divertikulitis 
Diverkulitis adalah gangguan pencernaan pada usus besar karena adanya radang kantong (diverticula) yang terdapat pada sisi luar usus besar. Bila Anda berumur 60 tahun ke atas dan mengalami rasa sakit di bagian kiri mungkin Anda menderita penyakit ini.

3. Batu Ginjal 
Batu ginjal biasanya menyebabkan rasa sakit perut ringan sampai berat. Perjalanan batu ginjal yang turun ke ureter atau saluran kencing akan menyebabkan nyeri perut bagian bawah. Gejala sakit perut ini berlaku juga pada kaum pria. Biasanya bila memang ada batu ginjal, rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita ini disertai pula dengan rasa mual muntah dan susang buang air kecil.

4. Aneurisma Aorta Perut 
Darah yang berasal dari jantung akan dialirkan ke perut melalui pembuluh darah aorta perut. Pembuluh darah ini dapat pecah atau mengalami kebocoran karena beberapa komplikasi medis yang disebut dengan penyakit aneurisma aorta perut. Penyakit ini akan menimbulkan rasa sakit di bagian tengah perut yang kemudian menyebar ke perut sebelah kiri dan belakang. Bila Anda sering mengalami rasa sakit perut sebelah kiri dan sakit punggung kemungkinan Anda mengalami penyakit kebocoran aorta ini. Untuk mengatasi penyakit ini biasanya dilakukan operasi.

5. Endomeriosis 
Endomeriosis adalah salah satu penyebab utama sakit perut di bagian kiri bawah pada wanita di usia produktif, merupakan penyakit di mana sel-sel endometrium (selaput bagian dalam rahim) berkembang di luar rongga rahim. Rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita ini akan semakin parah saat menstruasi.

6. Kanker
Rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita juga perlu dicurigai sebagai tanda-tanda kanker yang tumbuh di sekitar area perut. Rasa sakit perut yang tajam ini biasanya dibarengi dengan tanda-tanda kanker lainnya seperti penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, perubahan dalam kebiasan buang air besar, dan konstipasi.

7. Radang Panggul (Pelvic Inflammatory Disease)
Penyakit ini disebabkan oleh adalanya infeksi bakteri pada rahim, ovarium dan tuba fallopi secara kolektif. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya keputihan dan rasa sakit perut sebelah kiri bawah. Penyakit ini menular sehingga harus segera ditangani.

8. Fibroid 
Fibroid atau dikenal sebagai batu rahim adalah sebuah penyakit karena pertumbuhan otot dalam rahim yang tidak normal. Penyakit ini muncul seperti bola keras pada dinding rahim, jaringan ini membelah dan tumbuh secara berlahan. Saat Anda merasa sakit perut sebelah kiri dan menderita pendarahan saat menstruasi atau menstruasi tidak teratur mungkin Anda mengidap penyakit ini.

9. Kehamilan Etopik 
Kehamilan ektopik adalah suatu kondisi dimana sel telur yang dibuahi akan tertanan di luar rahim. Bila terjadi kehamilan ektopik biasanya ditandai dengan rasa sakit perut di sebelah kiri selama awal kehamilan dan disertai dengan pendarahan.

Nah itulah beberap penyakit yang menyebabkan rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita. Sebetulnya rasa sakit perut sebelah kiri pada wanita dapat menunjukkan penyakit lainnya. Oleh karena itu sebaiknya Anda hati-hati dan jangan menyepelekan rasa sakit perut sebelah kiri.

0 Response to "Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Pada Wanita"

Posting Komentar